PAK HAM Papua Menolak dan Mengutuk Keras Tindakan Kekerasan di Utikini area Tembagapura, Mimika

Peta Kabupaten Mimika

Perhimpunan Advokasi Kebijakan HAM Papua, menolak dan mengutuk keras semua tindakan kekerasan dan brutalisme di sekitar kampung Utikini  area Tembagapura Kabupaten Mimika Provinsi Papua pada tanggal 21 Oktober 2017. Kami mengutuk keras semua tindakan kekerasan baik sebelumnya ataupun yang terjadi kemarin.

Semua pihak (aparat keamanan dan kelompok sipil) supaya menghentikan semua aksi unjuk kekuatan dengan cara kekerasan atas dalil apapun. Hak hidup dan rasa aman adalah kebutuhan dasar semua umat manusia. Kami sangat prihatin dan menyesalkan adanya sejumlah orang telah meninggal karena tertembak mati dan lainnya luka-luka dalam peristiwa baku tembak tersebut.

Di Era saat ini,  sangatlah tidak relevan untuk angkat senjata dan perang. Langkah Resolusi konflik, merupakan salah satu langkah tepat guna menghindari korban lebih banyak lagi.

PAK HAM Papua, sebagai organisasi sipil yang mengadvokasi kebijakan dan HAM, Kami memberikan rekomendasi sebagai berikut:

1. Pemerintah yang memiliki peranan penuh dalam penataan kebijakan keamanan Nasional, mau mengajak negosiasi dan mendengarkan aspirasi atau tuntutan warga sekitar melalui forum mediasi yang netral dan difasilitasi oelh pihak netral dan memberi saran dan solusi damai

2. Tindak semua pelaku aksi kekerasan sesuai prosedur hukum yang berlaku secara, jujur, adil dan Profesional

3. Semua pihak wajib menjaga rasa aman dan menciptakan Papua menjadi rumah yang amn dan damai bagi semua

4. Mendorong tim independen berbasis HAM untuk melakukan fungsi kontrol dengan melakukan fungsi investigasi terhadap aksi kebrutalan di area operasi PT Freeport Indonesia guna mengetahui Motif dan pelakunya.                                                    

Hentikan Kekejaman dan hormati HAM bagi semua!

Salam juang untuk damai!

Matius Murib

Direktur PAK HAM Papua

Email: matius.murib@pak-ham-papua.or.id

Telp: +628124892975

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*