Pokok Masalah Papua

Perdamaian Suku Siepasso dengan Suku Husagama

Masalah yang paling rumit di tanah Papua antara lain adalah soal konflik klaim kepemilikan atas tanah adat dan radikalisme atas nama agama. Disamping itu juga persoalan HAM yang akar masalahnya adalah karena kekayaan alam (baik mengenai ekonomi ataupun klaim Amerika melalui FT Freeport sebelum Pepera 1969) dan juga status politik Papua (klaim status politik bangsa Papua di dalam Indonesia).

Seadainya tanah Papua itu tidaklah kaya raya, mungkin tidak akan ada perebutan seperti saat ini. Amerika, Belanda dan Indonesia meminjam tangan PBB untuk mengamankan Papua agar menjadi miliknya supaya dengan leluasa mengeksploitasi sumber daya alamnya dan tetap abaikan manusianya. Tentu pemilik modal dan kroni kapitalis global lah dalam posisi menang, sedangkan orang asli (warga pribumi) pemilik hak ulayat dalam posisi dikorbankan terus-menerus.

PAK HAM Papua, sebagai organisasi sipil yang akan terus tetap berjuang tanpa lelah untuk menuntaskan permasalahan-permasalahan HAM di tanah Papua. Kami mengajak para pembela HAM dan masyarakat untuk terus bersama kami berjuang bersama, mengusut tuntas permasalahan HAM berat di Tanah Papua dan menciptakas perubahan sosial-politik yang makin kondusif menuju masa depan yang lebih baik, damai dan sejahtera.

Salam Juang !! HENTIKAN KEKEJAMAN!!

 

Matius Murib

Direktut PAK HAM Papua

Email: matius.murib@pak-ham-papua.or.id

Telp: +628124892975

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*