Pembukaan Strategi Planning PAK HAM PAPUA: Sambutan Gubernur Papua

Pembukaan Strategi Planning PAK HAM Papua
Pembukaan Strategi Planning PAK HAM Papua

Jayapura, 26 Juli 2017. Papua saat ini memiliki dua masalah dasar yaitu Pelangaran HAM dan kesejahteraan penduduk. Berkembangnya investasi ekonomi dan pemanfatan sumber daya alam dalam suatu suku dengan suku yang lain terkadang mengakibatkan konflik horizontal maupun vertikal dalam tatanan masyarakat adat di Papua. Dalam konflik kadang menyampingkan hukum, HAM dan adat istiadat. Sumber daya alam Papua yang melimpah menjadi penyebab konflik yang membuat keadilan belum berpihak pada masyarakat Papua. Ada trauma konflik masa lalu dengan dugaan pelanggaran HAM seperti kasus Wasior 2001, Wamena 2003, Pania 2014, Biak Berdarah 1998, Pasca Penyanderaan Mapenduma 1996-1997 dan lainnya.

Pentingnya terobasan menyelesaikan kasus yang sekarang tidak berjalan, berdasarkan hukum yang adil. Dengan pembentukan PAK HAM Papua punya tugas besar menyelesaikan persoalan di Papua, termasuk Hak adat dimana kampanye free port yang membuat masyarakat tidak mendapatkan hak sewajarnya.

Ada 2 elemen yang penting untuk diselesaikan di Papua yaitu:

1) penyelesaian Hak Asasi Manusia (HAM) di Papua 2). Pencegahan pelanggaran HAM di Papua termasuk minuman keras.

Ada skenario Papua di adu domba, baku bunuh diantara masyarakat. Banyak permasalahan kompleks yang harus diselesaikan di tanah Papua.

Saya harap ada kerjasama dengan Provinsi. Seperti masalah kasus di Paniai yang belum terselesaikan, kami mengajak seluruh element atau lembaga masyarakat yang berbasis tentang pelangaran HAM saat ini untuk melakukan terobosan dan juga penyelsaian dari masalah kasus-kasus yang kondisinya saat ini tidak berjalan atau tidak ada kemajuan, serta mencari jalan keluar guna penyelsaian masalah dari kasus-kasus tersebut berdasarkan hukum yang berlaku.

 

Sambutan Gubenur Papua Bp. Lukas Enembe SIP. MH

(Diwakili oleh Assisten I Gubenur: Bp. Doren Wakerkwa SH)

 

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*